RPP KURTILAS TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : 1 (satu) / 1 (satu)
Tema : 1 (satu ) Diriku
Subtema : 3 (tiga ) Aku Merawat Tubuhku
Pembelajaran Ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 x 35
A.
Kmpetensi
Inti (KI)
1. Menerima, dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, guru dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) danbertanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan disekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
1.2
Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang
beragam serta benda-benda di sekitar
2.4
Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar
melalui pemamfaatan bahasa indonesia dan atau bahasa daerah
3.2
Mengenal teks petunjuk tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
4.2
Mempraktikan teks petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan
kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
·
Menjelaskan secara lisan cara-cara
merawat tubuh
· Menyebutkan bagian-bagian pada diri kita yang harus
dijaga kebersihannya
PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak serta
kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1 Menunjukan perilaku percaya diri
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permaiman
2.2
Menunjukan perilaku santun kepada teman dan guru selama permasalahan penjas
3.8 Mengetahui bagian-bagian tubuh
sendiri, kegunaan dan bagaimana cara menjaga kebersihannya terutama badan, kuku, kulit,
gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan
pakaian yang digunakan
4.8 Mempraktikan cara memelihara dan
menjaga kebersihan bagian-bagian tubuh sendiri terutama badan, kuku, kulit,
gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan
pakaian yang digunakan
Indikator
·
Mempraktikan cara merawat kebersihan
tubuh
·
Menjelaskan cara-cara merawat tubuh
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara-cara menjaga
kebersihan tubuh dengan benar.
2. Setelah
melihat contoh dari guru, siswa dapat mempraktikan cara mencuci tangan dengan
benar.
3. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan cara-cara merawat tubuh.
4. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat memasangkan kartu kegiatan merawat tubuh dengan tepat.
D.
Materi
Pembelajaran
·
Cara menjaga kebersihan tubuh
·
Memberikan contoh mempraktikan cara mencuci
tangan
E.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode
: Ceramah, Tanya
Jawab, Pengamatan, Diskusi dan Penugasan
2.
Pendekatan : Saintifik
F.
Media
dan Alat Sumber Pembelajaran
Media : Gambar-gambar
yang ada pada buku siswa dan kartu siswa
Alat : Kardus sepatu, sabun mandi, sikat gigi,
pasta gigi, sampo, kartu
Sumber :
·
Buku Pegangan Guru SD/MI kelas 1 Tema 1
: Diriku (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013)
·
Buku Pegangan Siswa SD/MI kelas 1 Tema 1
: Diriku (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013)
G.
Langkah-Langkah
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Siswa dan guru membaca doa
bersama
c.
Guru mengecek kehadiran siswa
d.
Guru mengkondisikan siswa pada
situasi siap belajar
e.
Guru melakukan apersepsi tentang
cara merawat tubuh yang benar
f.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
g.
Guru memotivasi dan mengajak peserta didik
untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
|
5
Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa diminta mengamati
gambar/poster
b.
Guru menjelaskan tentang
pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan
c.
Guru menanyakan apa saja pada
diri kita yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan bagaimana.
d.
Guru menanyakan apa saja pada
lingkungan yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan bagaimana
e.
Siswa diminta maju ke depan kelas
untuk menjelaskan gambar meliputi penjelasan kegiatan dan tujuan. Misalnya
gambar orang berolahraga supaya badan sehat
f.
Siswa diajak untuk membersihkan
kelas dan sekitarnya
g.
Setelah selesai guru mengajak
siswa untuk mencuci tangannya
h.
Guru mencontohkan cara mencuci
tangan dengan benar
i.
Setelah itu, guru menjelaskan
tentang pentingnya menjaga kesehatan
j.
Guru menyampaikan bahwa merawat
dan menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu bentuk syukur pada Tuhan
atas anugerah yang telah diberikan-Nya
k.
Lalu guru mengingatkan kembali
mengenai kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk merawat tubuh seperti
mandi, keramas, mencuci tangan, dan mencuci kaki
l.
Guru bertanya pada siswa
bagaimana cara-cara mereka merawat tubuh
m.
Rangkumlah jawaban seluruh siswa.
Kemungkinan, tanyakan pada siswa mengenai benda-benda yang mereka gunakan
dalam merawat tubuh
n.
Setelah seluruh siswa mencoba
menjawab, guru berkata bahwa guru memiliki satu kotak rahasia (kotak dapat
berupa kardus bekas sepatu). Kotak tersebut telah berisi peralatan mandi
seperti sabun, sampo, sikap gigi dan pasta gigi.
o.
Keluarkan satu persatu dari dalam
kotak sambil bertanya pada siswa, “Apakah kalian menggunakan (sabun) “ dan
seterusnya
p.
Diskusikan bersama siswa kegunaan
dari benda-benda merawat tubuh tersebut. Siapkan 4 set kartu kegiatan merawat
tubuh serta benda-benda yang digunakan untuk merawat tubuh
q.
Bagi siswa ke dalam beberapa
kelomlpok untuk memasangkan kartu-kartu tersebut
r.
Setelah memasangkan kartu, minta
siswa untuk mengerjakan latihan yang terdapat pada buku tulis
|
25
menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru bersama peserta didik membuat
kesimpulan hasil pembelajaran tentang bagaimana cara merawat tubuh yang benar
b.
Guru merefleksi kegiatan
pembelajaran yang sudah dilaksanakan
c.
Guru meminta peserta didik untuk
mengerjakan soal-soal latihan yang sudah disediakan
d.
Guru memberikan tugas rumah untuk
mempelajari materi yang akan dipelajari selanjutnya
e.
Guru menutup kegiatan belajar
mengajar
f.
Berdo’a
g.
Salam
|
5
menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a. Penilaian
Sikap : Toleransi, Tekun dan
Teliti (Observasi)
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis (Isian)
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
siswa
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya
diri
|
Disiplin
|
Bekerja
Sama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
Keterangan :
BT = Belum Terlihat
MT = Mulai Terlihat
MB = Mulai Berkembang
SM = Sudah Membudaya
b.
Penilaian
Pengetahuan
Soal
Terlampir
c.
Penilaian
Keterampilan
1. Penilaian
Unjuk Kerja
No.
|
Kriteria
|
Terlihat
ü
|
Belum
Terlihat
ü
|
1.
|
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar
|
||
2.
|
Kepercayaan diri dalam bercerita
|
||
3.
|
Kemampuan dalam mempraktikan cara cuci
tangan
|
2. Penilaian
Observasi (Pengamatan)
No.
|
Kriteria
|
Terlihat
ü
|
Belum
Terlihat
ü
|
1.
|
Ketepatan memilih gambar
|
||
2.
|
Antusias mengikuti permainan
|
||
3.
|
Menghargai pendapat orang lain
|
Mengetahui ,
Sumedang 2017
Guru Kelas 1 Kepala Sekolah
Lisa Nur Aisah Dew
NPM
: NIP
:
Komentar
Posting Komentar