RPP Ujian PPLK di SDN RANCAPURUT, RPP IPA KTSP Kelas 3 Semester 1
Selamat malam sobat, malam ini saya akan share kembali mengenai contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) KTSP. RPP kali ini yaitu RPP waktu saya melakukan ujian PPLK di SDN Rancapurut Sumedang Jawa Barat pada tanggal 13 September 2018 dan Alhamdulilah berjalan dengan lancar.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN RANCAPURUT
Kelas/Semester
: 3 (Tiga )/1 (Satu)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Materi
Pokok :
Benda dan Sifatnya
Alokasi
Waktu :
Tanggal
Pelaksanaan : Kamis, 13 September 2018
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
sifat-sifat perubahan benda dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi
Dasar
1. Mengidentifikasi
sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
C.
Indikator
1. Mengidentifikasi
sifat-sifat, benda padat, cair, dan gas berdasarkan pengamatan
2. Mengklasifikasikan
benda-benda di lingkungan sekolah
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi 2 sifat benda padat, cair,
dan gas dengan tepat.
2. Melalui
kegiatan diskusi, siswa mampu mengelompokan benda-benda di lingkungan sekolah
dengan tepat.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin, Tanggung Jawab, Kerja Sama, dan Keberanian
E.
Materi
Pembelajaran
Benda
dan Sifatnya
Benda
yang ada disekitar kita dapat dikelompokan menjadi tiga macam, yaitu benda
padat, benda cair, benda gas.
1. Benda
padat
Ada
banyak benda padat di sekitar kita. Kita dapat mengetahui benda padat dari
sifatnya. Sifat benda padat, di antaranya :
a. Bentuknya
selalu tetap
b. Ukuran
atau volumenya tetap
c. Tidak
dapat mengalir
d. Keadaan
benda keras
e. Permukaannya
ada yang halus dan ada yang kasar
2. Benda
cair
Benda
cair yang mudah kita temukan adalah air. Di dapur kita dapat menemukan benda
cair, seperti minyak goreng, kecap, cuka, sirop dan jus.
3. Benda
Gas
Benda
padat dan benda cair mudah kita lihat. Benda gas biasanya sulit untuk dilihat.
Akan tetapi, benda gas dapat kita rasakan. Angin adalah udara yang bergerak.
Udara disekitar merupakan benda gas. Kita tidak dapat melihat namun dapat
merasakan.
F.
Model
dan Metode Pembelajaran
Model : Cooperatif Learning
Metode Pembelajaran :
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
1
|
Kegiatan
Awal
·
Guru mengucapkan salam
·
Siswa mengajak gurunya untuk
membaca doa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru mengkondisikan siswa pada
situasi siap belajar
·
Guru melakukan apersepsi
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
·
Guru membagi siswa kedalam
beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang
·
Setelah itu, guru membagikan
media pembelajaran berupa Minie Book
ke masing-masing kelompok
·
Kemudian guru menjelaskan
mengenai cara penggunaan media tersebut
·
Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru
·
Guru menjelaskan materi
pembelajaran mengenai sifat-sifat benda padat, cair dan gas menggunakan media
pembelajaran Big Book
·
Siswa menyimak penjelasan dari
guru
·
Kemudian guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami
Elaborasi
·
Masing- masing kelompok diminta
untuk mengerjakan soal LKS yang telah disediakan.
·
Dengan bimbingan guru siswa
mengerjakan soal LKS secara berkelompok
·
Bagi kelompok yang pertama
menyelesaikan soal LKS diminta maju kedepan untuk mempresentasikannya dan
kelompok yang lain diminta untuk memperhatikannya
Konfirmasi
·
Setelah itu, siswa dan guru
membahas soal bersama-sama
·
Kemudian guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal apa saja yang belum
dipahami
·
Siswa menyimak penguatan yang
diberikan oleh guru mengenai materi
·
Guru memotivasi peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi
aktif dalam pembelajaran
|
50
menit
|
3
|
Kegiatan
Akhir
·
Guru dan siswa bertanya jawab
mengenai materi yang telah di bahas
·
Siswa dan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran
·
Kemudian guru melakukan evaluasi
terhadap hasil belajar siswa
·
Setelah itu guru memberikan tugas
rumah untuk mempelajari materi yang akan dipelajari minggu selanjutnya
·
Siswa mengajak gurunya utuk
berdo’a bersama
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
H.
Media
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: Big Book dan Minie Book
2. Sumber
Belajar :
- Buku
Paket Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas III
- Aku
Gemar Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas III semester 1
- Internet
I.
Penilaian
1. Penilaian
Sikap : Disiplin, Tanggung jawab, Percaya diri, Rasa Ingin Tahu
2. Prosedur
Penilaian : Post Tes
3. Jenis
Tes : Tertulis
4. Bentuk
: Uraian,
Penilaian Kinerja dan Penilaian Hasil
a.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Hasil Penilaian
|
Keterangan
|
|||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Percaya Diri
|
Rasa Ingin Tahu
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
Dts.
|
b.
Penilaian
proses dilakukan ketika KMB berlangsung
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Keterangan
|
|||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
dst
|
Keterangan :
Keaktifan Kerja Sama
1 Sangat Baik 1 Sangat
Baik
2 Baik 2
Baik
3 Kurang 3
Kurang
b.
Penilaian
hasil belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
1. Mengidentifikasi
sifat-sifat, benda padat, cair, dan gas berdasarkan pengamatan
2. Mengklasifikasikan
benda-benda di lingkungan sekolah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. Tuliskan
tiga wujud benda padat?
2. Sebutkan
2 sifat-sifat benda cair?
3. Sebutkan
2 sifat-sifat benda gas?
4. Sebutkan
2 jenis benda padat yang ada disekolah?
5. Sebutkan
2 contoh kelompok benda gas?
Jawaban
1. Benda
padat, Benda cair, Benda gas
2. Bentuknya
selalu berubah sesuai dengan wadah yang ditempatinya dan dapat mengalir
3. Berada
dimana-mana dan menyusut jika terkena angin
4. Penghapus
dan papan tulis
5. Udara
dan gas elpiji
|
Catatan :
Nilai : ( Jumlah Skor :
Jumlah Skor Maksimum ) x 100
*Siswa yang tidak
mencapai syarat penilaian KKM maka diadakan remedial*
c.
Penilaian produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
- Semua
benar
- Sebagian
besar benar
- Sebagian
kecil benar
- Semua
salah
|
4
3
2
1
|
Sumedang, 13 September
2018
Mengetahui,
Penguji I/II Praktikan
Lisa
Nur Aisah Dewi
NIP : NPM
:
Menyetujui,
Kepala
Sekolah
NIP
:
Komentar
Posting Komentar