RPP Mikro Teaching Perguruan Tinggi Sebelas April Sumedang
Selamat siang sobat, hari ini saya akan share kembali mengenai RPP Mikro Teaching mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, waktu semester 5 kemarin saya simulasi mengajar mengenai materi ajar "Gambar Ekspresif" dan Alhamdulilah Mikro Teachingnya berjalan dengan lancar.
Perencanaan Pembelajaran Mikro
Mata Pelajaran :
Seni Budaya dan Kerampilan
Materi Pokok :
Gambar Ekspresif
Kelas/Semester :
II (dua) / II (dua)
Alokasi Waktu :
1 x10
Keterampilan
yang dilatih : Keterampilan
Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
A.
Standar
kompetensi
Mengekspresikan
dari melalui karya seni rupa
B.
Kompetensi
dasar
1. Mengekspresikan
diri melalui gambar ekspresif
C.
Indikator
1. Memahami
arti ekspresi dan membuat gambar ekspresif
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
bimbingan guru dan diskusi kelompok siswa dapat memahami arti ekspresi dan
membuat gambar ekspresif
E.
Materi
pokok
1. Gambar
Ekspresif
F.
Metode
dan Model Pembelajaran
Metode
: Ceramah, Tanya Jawab,
Penugasan dan D iskusi
Model :
Cooperative Learning
G.
Kegiatan
Pembelajaran
@ Kegiatan Awal (2 menit)
·
Mengawali pembelajaran dengan mengecek
kehadiran dan kesiapan siswa
·
Melakukan apersepsi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
@ Kegiatan Inti (5
menit)
·
Guru menjelaskan materi pembelajaran
yang akan dilakukan
·
Menampilkan beberapa gambar ekpresi
·
Guru membagi siswa ke dalam beberapa
kelompok
·
Siswa mendiskusikan LKS dengan
masing-masing kelompok
·
Kemudian guru meminta perwakilan setiap
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya
@ Kegiatan Akhir (3
menit)
·
Guru dan siswa menyimpulkan hasil
pembelajaran
·
Guru mengadakan postest
·
Memberikan tindak lanjut berupa tugas
terstuktur mencari macam-macam gambar ekspresi
·
Guru menutup pembelajaran
H.
Sumber
dan Media Pembelajaran
Sumber sesuai
·
Buku Seni Budaya dan Keterampilan untuk
SD kelas II
Media
·
Macam-macam gambar ekspresif
I.
Prosedur
Penilaian
·
Prosedur penilaian : Post test
·
Jenis tes :
Tertulis
·
Bentuk : Uraian, penilaian kinerja dan
sikap
·
Instrumen :
A. Penilaian proses dilakukan ketika KBM
berlangsung
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Keterangan
|
|||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Keaktifan Kerjasama
1 = Sangat Baik 1 = Sangat Baik
2 = Baik 2
= Baik
3 = Kurang 3
= Kurang
B.
Test
Pencapaian Kompetensi
Indikator
untuk Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Sebuah Penilaian
|
Bentuk
Sebuah Penilaian
|
Contoh
Soal Instrumen
|
Memahami arti
ekspresi dan membuat gambar ekspresif
|
Tes Tulisan
|
Uraian
|
1.
Coba jelaskan apa yang dimaksud
dengan ekspresi ?
2.
Apa kata lain dari ekspresi ?
3.
Coba sebutkan macam-macam
ekspresi ?
4.
Apa saja alat yang digunakan untuk
menggambar ekspresi ?
5.
Gambar ekpresi biasanya memiliki
tema. Apa yang dimaksud dengan tema ?
|
Kunci Jawaban
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Ekspresi
adalah ungkapan perasaan hati
|
20
|
2.
|
Ungkapan
perasaan
|
20
|
3.
|
Rasa
senang, rasa sedih, dan terharu
|
20
|
4.
|
Cat
air, krayon, arang dan pensil
|
20
|
5.
|
Tema
adalah topik yang memiliki ruang lingkup dari objek yang diamati
|
20
|
Catatan
Nilai = (jumlah skor dibagi jumlah skor maksimal) x
100
Sekolah Dasar Mengetahui,
Guru Kelas II kepala
sekolah
Lisa Nur Aisah Dewi
NPM : NIP
Komentar
Posting Komentar